Sunday, February 10, 2013

Lively Lady: An Interview with Vera Christiani Setiadi





Hal terbaik yang bisa dialami oleh seorang jurnalis adalah ketika ia dapet narasumber nggak hanya kooperatif tapi juga sangat friendly and bisa diajak ngobrol dengan sangat asyik.
Hal seperti itu nggak selalu terjadi, tapi di satu malam yang beruntung, Sunday berkesempatan nongkrong dan makan bareng Vera MasterChef 2 and her bestie, Vega Tistiana. Simak obrolan kami di malam yang makin larut tapi makin gak berasa itu! :)

Hi, Vera! Cerita dong kesibukannya lagi apa aja nih?
Aku sekarang freelance designer, sambil tetap masak dan mencari program-program TV yang berhubungan dengan makanan hehehehe. Oiya, sekarang aku lagi bikin buku resep juga sama anak-anak MasterChef 2 yang seangkatan. Masih tahap proses produksi lah.

Aiih seru banget ^^ Yang paling berkesan dari MasterChef 2 itu apa sih?
 Yang paling berkesan itu gemblengannya. MasterChef 2 merubah aku, dari yang dulunya lebih memandang masak ‘ah, cuma gini-gini doang’, sekarang aku tahu memasak tenyata lebih dari itu. Aku belajar berbagai skill, belajar kerasnya dunia, termasuk juga belajar dari gemblengan Chef Juna yang disiplin. 

Sempet bosen masak nggak?
Ketika di karantina, ada titik jenuh lah. Biasa aku masak karena aku senang, atau karena lagi pengen, maka bawaannya hepi. Di sana karena tekanan, takut dihina, jadi banyak beban…satu kali sempet stuck, pengen berhenti. Cuman setelah itu terlewati dan aku tereliminasi…sekarang justru makin suka masak! Pengen menciptakan resep-resep baru!

Okesip, kalo gitu apa ide menu paling edan yang pernah terpikir sama Vera?
Aku sebenernya pengen bikin Western food tapi pake bahan Indonesia. Kentang diganti ubi, saus daging diganti kluwek atau bumbu kuning. Sebenernya di Bali ada, aku pernah nemu chef yang kaya gitu. Aku pengen nyoba aja.

Suka masak dari kecil ya?
Gara-gara nyokap tahu anak-anaknya suka makan, dia jadi suka masak. Mamiku itu jago banget masak! Dari sana aku ngeliatin terus jadi penasaran. Namanya juga anak kecil. Akhirnya suka masak dari SMP. Misalnya kalo ke restoran baru, aku suka ngerasa pengen bikin sendiri masakan serupa di rumah. Yah namanya hobi, mau 5 jam di dapur juga hepi-hepi aja. 

Vera paling suka masak…
Semua aku coba, tapi lebih pilih Chinese food. Mungkin karena background memang Chinese dan dari kecil makan itu. Biar ada Western food tapi yang dicari Medan-Medan juga hahahahaha XD
Tapi aku belajar masak apa aja, dari pastry, Western, sampai Indonesian itu aku pelajari semua karena setiap masakan ada tantangan sendiri. Kadang eksperimen, hari ini pake daun salam, besok nggak. Dari sana aku lebih paham fungsinya, daripada cuma dikasitahu doang. 

Kenapa dulu Vera nggak mengambil sekolah kuliner sih?
Dulu aku berasal dari jurusan IPA di SMA, dan pengennya ke Food Technology. Cuma di Bandung nggak ada jurusan itu dan aku harus ke Jakarta kalau mau. Tapi waktu itu belum boleh sama mami. Kalau pilihan lain aku kurang minat. Akhirnya aku ambil desain karena memang suka menggambar juga. Aku kuliah di Maranatha, Bandung. 

Vera kan sudah setahun tinggal di Kelapa Gading, gimana pendapat kamu tentang daerah ini?
Sekarang banyakan ramen dan café yang rasanya mirip-mirip yah. Tapi menurut aku yang beda itu Bakso Medan 99. Aku belum pernah dapetin yang kaya gini di tempat lain- ada daging merahnya, sengkel, bakso, babat…khas orang Medan banget. Tempatnya memang udah jadul tapi porsinya lumayan banyak. Memang harga agak mahal tapi worth it lah. 

Nggak tahu kenapa, di daerah Jakarta Utara banyak makanan Medan yang enak-enak yah, dari Pluit sampai Muara Karang. Makanan-makanan kaya gini aku nggak pernah dapetin di Bandung. Sedangkan kalo di Jakarta Selatan banyakan Western. Ini jadi variasi yang unik banget. Apalagi aku di sini kan sendiri, jadi kalau makan yang kaya gitu, rasanya jadi kaya di rumah aja. Enak!

Pengalaman paling nggak terlupakan sama makanan?
Aku demen banget sama bakso. Pernah dua minggu full aku makan mie-bakso tiap hari hahaha. Sampai-sampai aku perlu waktu dulu untuk menetralisir lidah dari mie bakso! Karena aku suka banget yang asem, makan bakso tanpa cuka itu pasti aneh. Kalo masakan Eropa, vinaigrette mereka gitu-gitu aja. Mending bumbu yang ‘nendang’ kaya Padang. 

Pesan Vera untuk pembaca yang baru mulai coba-coba masak?
Jangan takut gagal. Buat aku semua masakan itu nggak ada yang salah. Ini gak boleh pake ini, itu gak boleh…bukan itu. Yang penting gimana menyeimbangkan semua rasa biar manis, asam, asinnya sesuai. Coba aja dulu pakai sisa-sisa yang ada di kulkas. Pakai semua barang yang ada, nggak harus sengaja beli di toko. Masak itu nggak harus sengaja beli bahannya, kamu bisa pakai semua yang kamu punya di rumah. Dan jangan ragu-ragu :)

Sunday membongkar isi tas Vera dalam artikel Polaroid Bag! Cekidot di Sunday edisi 2, The Food Issue 

0 comments:

Dí lo que piensas...