Sunday, April 6, 2014

Fakta Unik Komik Donal Bebek

 
Pencipta karakter Donal Bebek adalah seorang kartunis di studio Disney bernama Dick Lundy. Percaya atau nggak, secara fisik Dick Lundy itu mirip sama Donal!

 
Donal Bebek pertama kali nongol di kartun bioskop Miki Tikus, tahun 1931. Ternyata dia justru menyaingi popularitas Miki! Sebuah riset menempatkan Donal dalam daftar karakter kartun paling populer sepanjang masa. Donal ada di urutan ketiga, sementara Miki nomor satu (diantara mereka ada Bugs Bunny di posisi kedua)

 
Desi Bebek muncul pertama kali di komik Donal Bebek tahun 1937 dengan nama Donna Duck.

 
Selama era Perang Dunia, Donal Bebek tampil dengan alter-ego Fauntleroy, tokoh pahlawan penumpas kejahatan.
Masih di era perang, Donal Bebek pernah ditampilkan sebagai pekerja di pabrik Nazi dalam kartun kritik sosial berjudul Der Fuehrer's Face. Kartun ini menjuarai piala Oscar yang bergengsi tahun 1942!
Di tahun yang sama, keluarlah komik Donal Bebek yang masi terbit teratur hingga sekarang.

 
Tahukah kamu... Donal pernah dilarang beredar di Finlandia tahun 1977 karena...tidak pakai celana.
 

 
Nggak banyak yang tahu, Donal punya nama panjang Donald Oliver Duckling (satu-satunya karakter Disney yang punya nama tengah!). Tapi di lingkungan studio, para pekerja menyebutnya 'The Duck' Tahun 1936, para kartunis Disney memutuskan untuk membuat figur Donal lebih bulat agar lebih lucu.

 
Orantua Donal bernama Della & Quackmore, tapi karena sebab yang misterius, Donal malah menjadi anak asuh neneknya di peternakan. Setelah dewasa, Donal meninggalkan rumah neneknya untuk tinggal di perahu. Dari sana lah baju kelasinya yang legendaris bermula.


 
Aneh tapi nyata! Dalam film James & the Giant Peach kamu bisa menemukan tulang-belulang mirip Donal Bebek.

 
Dalam kartun Disney lain, The Little Mermaid, Donal tampil sebagai cameo. Can you see him?

 
Episode Hungry, Hungry Donald dinyatakan sebagai episode paling seram dari Donal Bebek. Di sini Donal yang nyaris mata kelaparan mengejar sapi di peternakan dengan kapak.


 
Kwik, Kwek dan Kwak juga punya masa lalu yang misterius. Awalnya mereka hanya dititipkan oleh saudara Donal tapi entah kenapa setelah serial berlanjut tiga bebek kecil ini tidak pernah kembali ke orangtuanya dan tinggal bersama Paman Donal.




 
Donal Bebek menjadi maskot untuk tim olahraga dari Universitas Oregon, dengan nama Oregon Ducks









 
Tahun 2004 Donal Bebek mendapatkan Hollywood's Hall of Fame.


 
Hope you enjoy the trivia! ^^

0 comments:

Dí lo que piensas...