Tuesday, April 2, 2013

Sneak Peek! Sunday's Polaroid Bag April :)



Bagaimana rasanya seru-seruan bermain game, dan mendapat hadiah pula? Sunday ngobrol sama Kevin, untuk menyelami dunia seorang professional gamer!

Perkenalan pertama saya dengan dunia game, awalnya dari iseng-iseng aja saman temen. Pertama kali kelas 3 SD, main 1-2 kali. Tapi habis itu yang sudah, fokus belajar. Nah, mulai diajak main lagi secara rutin pas SMP, 2-3 hari sekali. 

Awalnya main game ya itu-itu aja, bareng temen. Lama-lama diajakin bikin tim, sampe sekarang saya main satu tim berlima, Jadi awalnya berdua teman, terus nyari orang lagi sampai akhirnya kami dapat orang-orang yang jago dan belum ada tim. Waktu itu sempat kami cuma menang sekali, sisanya kalah terus. 

Nah, akhirnya kenal sama SR, Super Player. Dari komunitas itu ada sekitar 25 orang yang sudah jago banget. Kami kan masih generasi mudanya. Nah, saat beberapa pemain utama nggak bisa main, saya yang ikut tanding. Pertama mulai eksis dari sana. 

Yang paling berkesan dari dunia game? Saya sudah pindah dari Counterstrike ke Point Blank. Di sini, tim saya masih sama dari awal dan bisa dibilang kami benar-benar dekat. Misalnya lagi ada apa-apa, ada masalah, kita omongin bareng. Nongkrong juga bareng. Kaya udah saling ngerti satu sama lain, jadi nggak cuma nge-game doang tapi di sisi lain ada sosialnya. Padahal kami semua bener-bener beda angkatan tapi bisa nyambung.  

Tahun 2009-2010 itu waktu saya paling intens nge-game. Sekarang sih tinggal maintain aja, seminggu paling main 2 kali. Tips untuk anak SMA yang mau terjun ke dunia game? Kalo masalah nge-game sih tergantung minat ya. Kalau ada minat di sana dan pengen coba, ya coba aja. Rutin latihan. Kalau memang ada talent tapi nggak dimainin ya percuma. Kalau nggak talent tapi rajin latihan, bisa jadi jago. Dan yang penting, makin lama kita harus makin bisa manage waktu. 

Biasanya game ada titik jenuhnya, nanti juga bakal bosen banget liat komputer. Kalo lagi pengen main ya main, kalo nggak ya nggak.
Game favorit saya sekarang Point Blank, soalnya turnamennya masih kompetitif. Counterstrike di Indonesia sudah mati, turnamen paling setahun cuma 1-2 kali. Kalo Point Blank sebulan bisa dua kali tanding dan hadiahnya lumayan banget. 

Enaknya jadi professional gamer, cuma waktu aja yang tersita. Masalah dana sudah disponsorin jadi tinggal bawa diri dan main. Sama nyumbang waktu sedikit buat latihan. Awal-awal dulu sponsor kami SR, lalu ke Kamikaze. Tapi sekarang Kamikaze sudah mati, jadi SR direkrut sama Arikanami. Semua masalah turnamen mereka yang tanggung, termasuk ongkos-ongkos tanding di luar kota. Hasilnya pun bersih untuk kami berlima setim. 

Beda-beda sih sistemnya. Kalau dulu di Kamikaze prinsipnya pembagian 80:20, 80 persen untuk pemain, 20 persen untuk sponsor. Tapi sekarang kalau menang malah dari Arikanami ngasih bonus. Seru kalau menang, tapi kalau kalah ya sedih juga. Cuman makin ke sini main itu nyari enjoy, bukan nyari menang lagi. 

Soal dunia game yang identik dengan cowok…yang gamers memang mayoritas cowok tapi perempuan nggak tertutup kemungkinannya untuk jadi jago. Di Point Blank tuh ada 1-2 perempuan jago banget, untuk kategori perempuan dia paling jagonya. 

Cek Kevin di Polaroid Bag Sunday edisi April! :)

0 comments:

Dí lo que piensas...